Rabu, 27 Oktober 2010

Kimia Laundry Kiloan 

(Laundry Chemicals for Laundry Kiloan)

 

     Pemakaian Kimia pada Usaha/Bisnis Laundry Kiloan merupakan pengeluaran rutin dan merupakan kebutuhan bahan pokok pada usaha laundry, untuk itu pemilihan kimia yang tepat, efisien dan sesuai dengan harga beli menjadi pertimbangan yang cermat dari para praktisi|pengusaha laundry kiloan di Indonesia.

Berikut Daftar Kimia Standard ( Umum) dipakai dalam usaha laundry kiloan:

1.BAHAN KIMIA DASAR (Main Chemicals)USAHA LAUNDRY KILOAN
a. Deterjen khusus Laundry
Detergent khusus Laundry memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan deterjen lain di pasaran antara lain:
- Rendah Busa/Tidak ada Busa
Mengapa? Karena jika busa/buih deterjen berlimpah yang biasa kita pakai untuk cucian rumah tangga menggunakan tangan(manual detegent) memerlukan proses pembilasan berkali-kali agar sisa busa/buih yang mengandung kimia surfaktan netral/bersih dari serat kain.
- Mengandung Alkali dan surfaktan
Alkali dan surfaktan merupakan bahan pembersih utama, semakin tinggi kadarnya semakin cepat pula proses pembersihan dan pengangkatan nodanya. Menurut survey dan demo perbandingan deterjen yang beredar di pasaran dan deterjen khusus laundry bisa dilihat dengan kasat mata perbedaannya.
Apa keuntungannya? Jelas proses mencuci lebih cepat ( Hemat Waktu ) dan takaran yang lebih sedikit (irit) karena mengandung alkali untuk proses pembersihannya.Deterjen Laundry pun lebih murah dikarenakan bahan kimia pembuat busa berlimpah sangatlah mahal harganya, jadi deterjen yang beredar dipasaran jika dibanding dengan effisiensi fungsi produk menjadi lebih mahal, karena deterjen yang berada di pasaran lebih fokus kepada busa berlimpah dan wangi, bukan fungsi dari pembersih (alkali dan surfaktan).
- Tidak terlalu wangi atau tanpa wangi
Mari kita bermain sedikit dengan logika dan akal sehat kita, Anda mengharapkan cucian anda wangi dari deterjen? Yuk kita lihat faktanya. Deterjen digunakan dalam proses pencucian, artinya tingkat wangi akan berkurang terkena air, lalu kena proses pembilasan juga air, setelah itu masuk kedalam mesin pengering (dryer) atau dijemur dibawah sinar matahari dan terkena angin. Apakah menurut logika anda parfum/wangi pada deterjen akan tetap utuh menempel pada cucian anda setelah kering? Pasti berkurang bukan?atau bahkan hilang sama sekali. Artinya jika anda menggunakan deterjen yang wangi, anda memboroskan uang anda yaitu costing parfum dalam kandungan deterjen.

b. Softener Laundry | Fabric Softener
     Pelembut atau yang kita kenal dengan istilah softener di Indonesia menjadi bias artinya karena kandungan pewangi tinggi. Sesuai Logika Processing Laundry Kiloan terhadap deterjen wangi juga terjadi pada softener yang wangi, kita tidak memproduksi softener yang wangi, sebagai gantinya kami memproduksi pewangi celup, bisa dilihat keterangannya di daftar produk Pewangi Celup kami.
Untuk Laundry Kiloan kami tidak menyarankan menggunakan softener wangi.Karena untuk efisiensinya yang mau kita dapatkan dari penggunaan softener adalah kelembutannya pada pakaian, bukan wanginya, karena wangi akan berkurang jika harus masuk ke mesin dryer dengan pemanasan tinggi, atau dijemur dibawah terik matahari dan hembusan angin.

c. Parfum Laundry | Laundry Perfume
     Kareakter konsumen Indonesia yang menyukai wewangian sedikit berbeda dengan masyarakat barat, untuk itu wangi pada hasil cucian pakaian sangatlah penting, dan menjadi hal utama yang diinginkan oleh pelanggan laundry kiloan selain bersih dan rapih. Proses Finishing dengan Parfum Laundry sangat cocok dilakukan oleh praktisi/pengusaha laundry kiloan di tanah air. Aroma Pilihan juga menjadi penting sebagai ciri khas laundry kiloan tersebut, aroma khas berbeda dengan aroma pewangi yang beredar di pasaran menjadi ciri unik Laundry Kiloan, karena pilihan pelanggan mencuci di laundry kiloan salah satunya ingin ada perbedaan aroma cucian dibanding pelanggan mencuci sendiri di rumah dan menggunakan bahan kimia yang memiliki aroma pasaran.
     Parfum Laundry perlu diperhatikan penggunaannya dan proses pemakaiannya, ada beberapa yang dipakai pada proses setrika ada yang disemprotkan sebelum pakaian di packing kedalam plastik. Untuk itu Pilihla Parfum Laundry yang filler/bahan pengisinya adalah solvent base bukan air (waterbase), karena akan menyebabkan bau apek jika base fillernya adalah air, karena air lama mengering, jika pakaian dipacking maka akan berpotensi menimbulkan jamur atau lembab, lalu pakaian menjadi apek.
2. BAHAN KIMIA TAMBAHAN (Additive Chemicals) UNTUK BISNIS LAUNDRY KILOAN
a. Spotting Chemicals
     Banyaknya jenis noda dan tingkat kekotoran noda, membuat kita menjadi bingung membeli bahan kimia pembersih/penghilang noda. Maka dari itu kami menyarankan anda menggunakan General Pre-Wash Spotter ( Kimia Penghilang noda umum) yang merupakan kimia spotting bersifat Multi Purpose. Spotter chemicals ini dapat membersihkan noda tingkat rendah-sedang dan sebagai surface untuk booster pada kimia spotter khusus. Pada umumnya noda apapun dapat hilang dengan chemicals ini, apalagi jika peralatan anda mendukung yaitu: Spotting Gun, jika tidak memiliki anda dapat menggunakan sikat halus dengan cara dioleskan lalu disikat.
b. Additive Deterjen|Kimia pendukung fungsi deterjen

     Additive Deterjen seperti Alkali, Emulsifier dan Oxybooster dapat digunakan jika diperlukan, tergantung jenis noda dan bahan kain cucian.
c. Pemutih Pakaian / Bleaching Laundry
     Seperti kita ketahui pemutih yang beredar di pasaran tidak ampuh dikarenakan pemutih mengandung zat bahaya dan jika berlebihan dilarang pada pemakaian rumah tangga, tetapi kenyataannya kita sebagai praktisi bisnis laundry ingin memberikan yang terbaik bagi customer/pelanggan laundry kiloan kita, jika pakaian dasar putih kita memerlukan pemutih dengan kadar tinggi, untuk itu gunakan Laundry Bleaching, disarankan menggunakan sarung tangan dan penutup hidung.

Berikut Takaran Standard Laundry Kiloan, hasil survey beberapa pelanggan kami, yang memiliki Usaha Laundry Kiloan
Chemicals Takaran 5kg/ml Rupiah Per kgs Cost Per kg Cost Per 5kg
Spotting Proses

Emulsifier 35.00 7,200.00 50.40 252.00
Washing Proses

Launsafe Detergent 25.00 9,000.00 45.00 225.00
Softener B 25.00 6,300.00 31.50 157.50
Finishing Proses

Perfume Grade A 25.00 26,100.00 130.50 652.50      
Asumsi 1 X Spray 1/2 ml maka 50 X Spray untuk 5 kg




257.40 1,287.00   

0 komentar:

Poskan Komentar